Jumat, 28 Januari 2011

MAKALAH BIOPER TENTANG PERSAINGAN

MAKALAH BIOPER TENTANG PERSAINGAN

I PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Dalam suatu ekosistem ada interaksi antara suatu mahluk hidup maupun interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya. dimana posisi suatu spesies atau populasi secara relatif di dalam suatu ekosistem, menggambarkan suatu paket strategi yang bisa dipilih oleh suatu organisme atau spesies untuk tetap bertahan hidup. Dengan adanya organisme atau spesies untuk tetap bertahan hidup maka selalu ada persaingan dan pemangsaan. Persaingan.
Keanekaragaman jenis dalam suatu komunitas sangat dipengaruhi oleh hubungan fungsional pemangsaan. Pemangsaan dan persaingan saling menunjang dalam mempengaruhi kenaekaragaman spesies. Pemangsaan besar pengaruhnya terhadap keanekaragaman spesies-spesies yang dimangsa sedang fluktuasi keanekaragaman jenis pemangsa lebih banyak dipengaruhi oleh faktor persaingan. Efesiensi pemangsaan berpengaruh langsung terhadap keanekaragaman jenis dengan mempertahankan monopolisasi syarat-syarat lingkungan utama oleh suatu jenis. Sedangkan efesiensi pemangsaan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain frekuensi makan, selera pemangsa terhadap rasa mangsa, kerapatan mangsa, kualitas makanan dan adanya inang alternatif



II. PEMBAHASAN
2.1. Interaksi Antara Organisme Dalam Ekosistem
Menrut sifatnya interaksi antara organisme dalam ekosistem terbagi dua yaitu

1. Interaksi Antara Organisme Yang Bersifat Netral (Positif)
Netralisme bukan merupakan interaksi tetapi lebih cenderung digolongkan sebagai asosiasi. Hubungan yang terbentuk tidak berpengaruh apapun pada individu yang terlibat. Komensalisme adalah bentuk interaksi antara individu yang memberikan keuntungan kepada salah satu individu jenis populasi, sementara yang lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan.

2. Interaksi Antara Organisme Yang Bersifat Negatif
Terdapat 4 macam interaksi yang bersifat negatif, yaitu: persaingan terdiri dari dua macam, yaitu persaingan antar jenis berbeda (interspesifik) dan persaingan antar jenis yang sama (intraspesifik), amensalisme, parasitisme (inang parasit) dan pemangsaan (mangsa pemangsa)

a. persaingan
Persaingan adalah perebutan antara 2/lebih organisme untuk sesuatu yang sama. persaingan terdiri dari dua macam, yaitu persaingan antarjenis berbeda (interspesifik) dan persaingan antar jenis yang sama (intraspesifik), Persaingan antarjenis berbeda (interspesies) adalah persaingan antara dua atau lebih individu dari jenis berbeda yang bersaing untuk kepentingan pertumbuhan dan kehidupannya masing-masing. Sedangkan persaingan intraspesifik yaitu jika individu-individu yang bersaing berasal dari jenis-jenis yang sama atau individu-individu di dalam satu jenis populasi.




Persaingan terhadap berbagai sumber tidak akan terjadi bila saja sumber-sumber tersebut cukup banyak dan persediaannya cukup untuk seluruh spesies atau individu

b. Amensalisme
Amensalime merupakan bentuk hubungan antara individu-individu di mana populasi yang satu dirugikan (meskipun sesaat) sementara organisme populasi lain tidak dirugikan ataupun diuntungkan (netral). Amensalisme merupakan persaingan dalam bentuk-bentuk yang lemah. Contoh interaksi amensalisme adalah peristiwa alelopati. Parasitisme merupakan proses interaksi antara dua jenis populasi di mana satu jenis mendapat keuntungan dalam hal ini disebut parasit, sementara populasi yang lain menderita kerugian, dalam hal ini disebut inang (host).



c. Pemangsaan
Pemangsaan termasuk interaksi populasi yang antagonis yaitu interaksi antara 2 organisme di mana jenis populasi yang satu memakan yang lain. Populasi pemangsa disebut pemangsa (predator), sementara populasi yang dimangsa disebut mangsa. Dalam rangkaian energi, yang termasuk ke dalam pemangsa adalah karnivora, herbivora atau pun omnivora. Pemangsaan Juga terdiri dari intraspesifik dan interspesifik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar